News

Studi: Pasar Produk Mewah Alami Pelambatan

Berdasar hasil penelitian yang dilakukan oleh konsultan research Bain & Company dan Fondazione Altagamma menunjukkan, pasar produk mewah (luxury brand) diperkirakan hanya tumbuh sekitar 4-5% di tahun ini.

Angka tersebut mengalami penurunan dari kisaran 10% pada tahun 2012 yang lalu. Adapun nilai omset yang dihasilkan pada tahun lalu berada diangka 212 miliar Euro.

"Kami melihat, saat ini pertumbuhan global untuk produk mewah lebih merata," kata Claudia D'Arpizio, mitra Bain di kota Milan dan penulis utama studi tersebut.

"Pada gilirannya, pemilik brand mewah akan memfokuskan kembali target jangka pendek, sambil memikirkan strategi pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan," katanya.

Studi ini juga berhasil menemukan bahwa kalangan turis kaya tengah mencari tujuan baru seperti Dubai, Asia Tenggara dan Australia.

Selain itu, pertumbuhan pasar produk mewah di China bakal stabil pada klisaran 7% untuk tahun ini. Studi ini menemukan, akan terjadi peningkatan konsumsi sebesar 20% di kawasan Asia Tenggara yang didorong oleh pembukaan toko baru.

"Meski begitu, wilayah Eropa masih menjadi tantangan yang menarik bagi kalangan pelaku industri produk mewah," kata peneliti.